Resep Keripik Kulit Lumpia Goreng Renyah Krenyes

Cara sederhana membuat kulit lumpia menjadi cemilan yang enak krenyes crispy, resep keripik kulit lumpia sangat mudah untuk kita bikin sendiri di rumah. Aneka bumbu tabur membuat kulit lumpia goreng kering bertekstur renyah kriuk yang gurih ini bisa memiliki banyak pilihan cita rasa. Pedas balado, jagung manis, asin keju, barbeque, dan aneka rasa lainnya menjadikan keripik kulit lumpia yang sering disingkat kulpi atau kullum ini tinggal dikemas plastik untuk usaha dan dijual.
Resep Keripik Kulit Lumpia Goreng Renyah
Kulit lumpia yang berupa lembaran tipis yang terbuat dari tepung terigu (gandum) ini sangat familiar dalam dunia kuliner nusantara. Sejalan dengan namanya, maka biasa digunakan sebagai pembungkus berbagai jenis makanan.

Namun kulit lumpia ternyata dapat menjadi cemilan yang sangat enak jika lembaran kulit lumpia tersebut diolah menjadi keripik nan kriuk dan crispy. Keripik kulit lumpia semakin diminati setelah dipadukan dengan aneka bumbu tabur yang memang sangat mempengaruhi cita rasanya, bahkan mungkin bisa menjadi cemilan favorit di hari raya idul fitri.

Resep Bahan Keripik Kulit Lumpia

  • 80 lembar (4 bungkus @ 20 lembar) kulit lumpia atau sesuai selera jumlahnya
  • 100 gram tepung terigu atau secukupnya untuk perekat
  • Secukupnya air untuk melarutkan terigu
  • Minyak untuk menggoreng seperlunya
  • Sesuai selera rasa dari aneka bumbu tabur

Cara Membuat Keripik Kulit Lumpia

Langkah pertama membuat adonan lem atau perekat dari campuran tepung terigu dengan air secukupnya, aduk rata hingga kental.

Setelah adonan perekat sudah dibuat, ambil setiap lembaran kulit lumpia, kemudian olesi adonan perekat pada pinggiran kulit lumpia yang bisa dibantu menggunakan kuas.
Cara Membuat Keripik Kulit Lumpia
Selanjutnya gulung kulit lumpia, agar menjadi mudah bisa pakai sumpit atau sedotan maupun berupa alat lainnya. Setelah tergulung rapih, tinggal tarik sumpitnya keluar secara perlahan.

Potong-potong menggunakan gunting secara menyerong dengan jarak sekitar 1-2 cm atau menurut selera. Saat menggulung jangan lupa minta bantuan anak, saudara atau mungkin tetangga supaya pekerjaan lebih cepat selesai, tonton videonya juga ya.
Panaskan minyak goreng secukupnya, masukkan potongan kulit lumpia hingga kulit lumpia dapat terendam agar mudah matang merata. Goreng sambil diaduk perlahan hingga warnanya kuning keemasan, angkat dan tiriskan dari minyak.
Kulit Lumpia Goreng Renyah
Keripik kulit lumpia sudah siap diberi dengan aneka bumbu tabur yang akan menentukan cita rasanya. Simpan dalam toples atau wadah kedap udara agar keripik kulit lumpia dapat bertahan lama renyahnya.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: