Cara Membuat Cimin Gaul Jajanan Bandung | Resep Cilor Kotak Aneka Rasa

Cimin merupakan salah satu Jajanan Bandung yang lagi hits. Cimin sering disebut cilok mini karena bahan dan cara membuat cimin gaul ini mirip dengan cilok. Populer juga dengan cilor (aci telor) karena bahan utama terbuat dari tepung aci (tapioka/kanji), dipotong kotak lalu dimasak pakai telur lalu ditabur bon cabe atau bermacam pilihan rasa dari aneka bumbu tabur.
Cara Membuat Cimin Gaul Resep Cilor Kotak
Nah, ada juga yang menyebut cimin dengan cireng mini, mungkin karena aci yang digoreng dengan telur, bisa pakai cetakan kue cubit, martabak mini dan sebagainya atau hanya dengan wajan saja.

Berbeda dengan cilok, kelezatan cimin gaul Bandung karena teksturnya yang lebih kenyal-kenyal empuk berpadu dengan aneka rasa pilihan dari bumbu tabur hingga kombinasinya. Jika bikin cimin untuk jualan, maka pilihlah kualitas bumbu tabur yang tepat dan yang pasti memiliki rasa yang enak.

Bahan-bahan Cimin :

  • 100 gram tepung aci (tapioka/kanji) atau tepung sagu
  • 1 sendok (10-15 gram) tepung terigu
  • ½ sdt merica/lada bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 1 siung bawang putih (haluskan)
  • 70 ml air mendidih
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Aneka bumbu tabur dengan rasa sesuai selera

Cara Membuat Cimin :

  1. Campurkan dan aduk rata tepung tapioka dengan terigu, merica, garam, kaldu bubuk, dan bawang putih halus.
  2. Tuang air panas mendidih secukupnya (akan mempengaruhi kekalisan adonan), selanjutnya aduk rata lalu uleni dengan tangan hingga adonan kalis.
  3. Agar adonan tidak mengering, segera pipihkan adonan (menggunakan roll atau botol) dengan ketebalan sekitar 1 cm atau sesuai selera. Berikutnya potong-potong berbentuk kotak atau dadu kecil.
  4. Setelah itu, masukkan potongan adonan tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus hingga benar-benar matang, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan cetakan (bisa cetakan kue cubit, martabak mini atau wajan saja), olesi dengan minyak goreng. Setelah panas, masukkan potongan adonan cimin.
  6. Kemudian tuang kocokan telur sesuai selera, serta balik agar matang merata lalu angkat. Beri bumbu tabur dengan rasa yang disukai atau kombinasinya maupun cukup hanya dengan bon cabe. Aduk hingga cimin merata dengan bumbu lalu cimin sudah siap untuk disantap.
Cimin Bandung umumnya memiliki teksur yang kenyal-kenyal empuk, untuk itu bahan bisa menggunakan full aci dengan hasil yang benar-benar kenyal empuk (tapi nanti adonan jadi sangat lengket, ada juga tips yang menggunakan minyak goreng untuk mengatasi lengketnya). Atau bisa juga yang dipadukan dengan terigu, namun secukupnya saja agar adonan tidak terlalu padat bahkan malah menjadi keras.
Tips dan cara sederhana membuat cimin atau cilor bisa kita saksikan pada video di atas. Cobalah sesuaikan takaran resep dahulu, setelah berhasil dan cocok maka tinggal dilipatgandakan saja takarannya.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: