Aneka Resep Masakan Sayur dari Tumis, Bening hingga Bersantan

Selain buah, menu sayuran hijau dan aneka sayur mayur lainnya merupakan hidangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Membiasakan mengkonsumsi berbagai macam jenis masakan sayuran termasuk anak-anak juga sudah mesti dimulai sejak dini. Bahkan diet sayuran dianggap jauh lebih sehat dan aman karena sayuran memiliki kandungan vitamin yang banyak serta rendah kalori.

Indonesia merupakan negara agraris dengan iklim tropis yang seharusnya kaya akan jenis-jenis sayur. Tak hanya dihidangkan sekedar sebagai lalapan saja, dalam masakan tradisional khas nusantara sangat banyak ditemui berbagai variasi menu masakan unik dan enak yang merupakan kombinasi dari bermacam-macam sayuran, baik mentah maupun sudah dimasak, beberapa diantara contoh masakan sayur akan kami bagikan di bawah ini.

Dalam keseharian ibu rumah tangga, aneka masakan tumis, kuah bening hingga kuah santan seringkali menjadi andalan sehari-hari untuk menu olahan sayur. Menu yang bervariatif memang sangat direkomendasikan, karena apabila monoton akan berdampak pada menurunnya selera makan, padahal kita dianjurkan makan sayur-sayuran dalam setiap harinya. Beberapa kumpulan kreasi pilihan masakan sayur sederhana praktis dan simpel juga bisa di lihat di bawah ini.

Karedok
1. Karedok Sunda (Lotek Sayuran Mentah)
Dimulai dari olahan sayuran mentah, karedok adalah sejenis lotek maupun gado gado yang dihidangkan dicampur bumbu kacang. Hanya saja karedok yang sangat populer dalam seni masakan Sunda Jawa Barat ini memakai macam-macam sayuran mentah termasuk daun kemangi yang membuatnya kian segar dan beraroma.

Asinan Sayur
2. Asinan Sayur Betawi
Juga menggunakan sayuran mentah, olahan sayuran khas masyarakat Betawi ini merupakan jenis asinan yang paling populer di Indonesia bersama dengan Asinan Buah Bogor. Kuahnya yang bercita rasa pedas, asam, asin dan pedas sangat cocok disantap bersama aneka sayuran segar.

Urap Sayur
3. Urap Sayur Kering
Sajian menu sayuran tradisonal lainnya adalah sayuran yang direbus sebentar lalu ditaburi dengan bumbu urap kelapa parut yang disangrai kering (goreng tanpa minyak).

Aneka resep masakan sayur berikutnya adalah masakan kombinasi sayur-sayuran yang dimasak berkuah bening, bersantan dan juga tumisan. Menu sayur mayur rumahan yang paling favorit serta sering dimasak para ibu-ibu dengan segala kreatifitasnya.
Resep Masakan Sayur
4. Sayur Asem dan Sayur Lodeh
Kedua jenis sayur ini sama-sama populernya, berbahan sayuran yang nyaris sama namun berbeda pada cita rasa kuah. Sayuran berkuah asem yang segar vs sayuran berkuah santan gurih yang sama-sama memiliki cita rasa yang lezat.

5. Resep Capcay
Praktis cara memasaknya, bisa berkuah atau goreng. Meskipun menggunakan bumbu sederhana, namun capcay kuah ini memang sedap disantap.

6. Sayur Sop Bakso
Semua bahan sayur dijadikan satu dalam hidangan berkuah segar-segar gurih dan nikmat. Pilihan daging seperti dalam Sayur Sop Bening daging sapi, sayur sop ayam maupun sayur sop ceker ataupun udang merupakan pilihan bahan kombinasi untuk memberikan kuah kaldu yang kian gurih.

Aneka Masakan Sayur
7. Sayur Bobor Bayam
Selain begitu sedap disantap dengan berkuah bening dicampur jagung (lihat : Sayur Bayam), masakan sayur bayam dengan santan tipis ini juga bisa menjadi rekomendasi menarik lainnya.

8. Tumis Buncis Wortel
Perpaduan wortel dan buncis memang sangat familiar dijadikan bahan untuk banyak masakan sayur termasuk tumisan karena memberikan kesan rasa yang segar ketika disantap, jangan lewatkan juga perpaduan keduanya dalam Acar Kuning dan Acar Mentah.

9. Tumis Kacang Panjang
Tumisan simple praktis tapi dengan rasa menggugah bisa menerapkan tumis kancang panjang ini di rumah, tak hanya itu Sayur Kacang Panjang Santan yang juga simple namun menggoda selera juga dapat memperkaya perbendaharaan resep di dapur bunda.

10. Tumis Kangkung
Sayuran hijau yang satu ini juga sayur sehat yang kaya manfaat dan tinggi serat. Ada banyak kreasi bumbu dalam memasak tumis kangkung, namun tak ada salahnya jika kita mencoba resep yang satu ini dengan cita rasa yang spesial.

Tips agar tidak terkesan dadakan atau tidak mudah bingung untuk menyediakan menu sayur apa hari ini, menu makan siang maupun makan malam, maka ada baiknya disusun dalam daftar menu seminggu bahkan sebulan penuh. Untuk melengkapi referensi resep masakan sayur lainnya bisa dilihat dalam kategeri 'aneka sayur mayur' dalam blog ini.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: