Resep Dorayaki Teflon Praktis Coklat Keju Kue Asli Jepang


Resep Dorayaki Praktis Coklat Keju
Kue asli jepang favorit doraemon, resep dorayaki praktis tanpa cetakan atau dengan teflon ini memiliki rasa yang enak bertekstur lembut. Aneka isi seperti dorayaki coklat, keju, pasta kacang merah, selai kacang hingga nutella bisa menjadi pilihan variasi rasa. Selain masih populer sebagai ide usaha untuk jualan, ternyata cara membuat dorayaki ala rumahan ini juga sangat mudah loh kita bikin sendiri.

Pancake atau penekuk dengan madu khas Jepang ini sebenarnya juga bisa dibuat tanpa mixer, kita bisa mengocok adonan cukup menggunakan whisk saja. Meskipun tips dan cara pada gambar kali ini diolah menggunakan mixer, tetapi cukup sebentar saja asal rata sehingga adonan tidak sampai mengembang.

Resep Bahan Adonan Dorayaki

  • 130 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 75 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • 50 ml air
  • Secukupnya selai kacang, selai coklat dan keju parut

Resep Membuat Dorayaki

1. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu lalu campur dan aduk rata dengan soda kue beserta garam, sisihkan.
Persiapan Bahan Bikin Dorayaki
2. Siapkan wadah lagi, campurkan telur, gula pasir dan madu, kemudian kocok rata (jika menggunakan mixer cukup sebentar saja hanya agar tercampur rata namun tidak sampai mengambang).
3. Masukkan campuran tepung terigu tadi sambil disaring atau diayak, mixer sebentar lagi supaya rata.
Adonan Dasar Dorayaki
4. Terakhir tuangkan air, mixer lagi sebentar hanya agar adonan merata. Tutup wadah berisi adonan dengan plastik dan istirahatkan selama 10 menit sehingga adonan terlihat adanya gelembung-gelembung udara.
5. Setelah 10 menit berlalu, aduk dulu adonan sebelum dituangkan dalam pan atau cetakan.
Cara Membuat Dorayaki
6. Panaskan pan atau teflon di atas api kecil, olesi minyak tipis saja pakai tisu. Jika sudah panas tuang 1 sendok sayur adonan lalu tutup pan selama 2 menit hingga terlihat gelembung-gelembung lalu berpori, selanjutnya balikkan sebentar saja, angkat dan lanjutkan terhadap semua adonan.
Dorayaki Coklat Keju
7. Berikutnya ambil 1 keping dorayaki, olesi selai kacang, coklat serta taburkan keju parut dengan takaran menurut keinginan. Tutup dengan 1 keping lagi, dorayaki siap untuk disajikan.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: