Resep Bakpao Lembut Adonan Sederhana Isi Coklat

Resep Bakpao Lembut Adonan Sederhana
Putih dan lembut serta empuk dengan aneka isi merupakan karakter umum bakpao yang sering dijumpai. Resep bakpao dengan adonan dasar praktis dan sederhana tanpa tepung tang mien dan tanpa telur ini tak sekedar sebagai cara mudah membuat bakpao kukus isi coklat ala rumahan, namun juga memiliki rasa yang enak serta tekstur yang benar-benar empuk dan mengembang, layak dijual tidak keras yang tidak kempes kecuali sengaja ditekan.

Bakpao modern memiliki banyak kreasi warna hingga beragam karakter dan variasi bentuk hingga berukuran mini. Isi selai coklat hanya sebagai contoh, kita dapat memberikan aneka variasi isian lainnya dari isi kacang hijau, daging, ayam, kelapa, kacang dan sebagainya.

Bahan utama kulit bakpao terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi sebagai pengembang adonan, namun terdapat banyak versi bakpao dari jajanan pasar tradisonal hingga bakpao modern. Mau mencoba membuat bakpao sendiri, yuk ikuti petunjuk resep dan cara membuat bakpao yang dilengkapi gambar di bawah ini.

Resep Bahan Adonan Bakpao

  • 230 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 10 gram tepung maizena
  • 50 gram gula pasir
  • 35 gram mentega putih
  • 5 gram ragi instan (fermipan)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air biasa
  • Isi : secukupnya selai coklat atau aneka isi lainnya

Resep Cara Mudah Membuat Bakpao

Adonan Bakpao
1. Campurkan semua bahan, aduk rata dan uleni dengan tangan hingga kalis. Setelah kalis kemudian tutup rapat dengan plastik atau kain serbet, serta diamkan adonan bakpao selama 45 menit.
Cara Membuat Bakpao
2. Setelah 45 menit berlalu, adonan bakpao yang sudah mengembang dikempiskan dengan cara tinju saja pakai kepalan tangan (maaf adegan kekerasan tidak layak difoto hihi). Setelah itu bagi adonan menjadi beberapa bagian atau timbang jika ingin proporsional (boleh diberi warna-warna yang berbeda).
3. Bulatkan adonan kemudian pipihkan, beri isian selai coklat atau boleh juga tambahkan keju, selanjutnya tutup atau bulatkan kembali serta alasi dengan daun pisang, kertas minyak atau kertas roti.
4. Setelah adonan sudah selesai dibentuk, istirahatkan atau diamkan lagi selama 10 menit.
5. Setelah itu tata dalam kukusan, kukus bakpao hingga matang mengembang kurang lebih 8 menit, serta jangan lupa alasi tutup kukusan dengan kain serbet agar uap air tidak menetes. 9 buah bakpao yang enak dan lembut sudah bisa kita sajikan.
Thanks for like n share :

Subscribe to receive free email updates: